Produktif:Motherboard

MOTHERBOARD




Pengertian Motherboard 

Motherboard atau Papan induk merupakan salah satu hardware atau perangkat keras komputer yang memiliki peran dan fungsi utama.

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Fungsi Motherboard

Motherboard berfungsi untuk mengatur semua hal seputar Basic Input Output System (Bios), pengatur koneksi input-output (Chips et), VGA card, RAM, processor & Additional card (PCI, ISA).

Fungsi utama motherboard yaitu sebagai pusat penghubung antara hardware satu dengan hardware lainnya. Dengan kata lain motherboard berfungsi untuk menghubungkan bahasa kode antar hardware untuk disinergikan menjadi aktivitas kerja perangkat dalam komputer. Jadi apabila motherboard rusak atau tidak berfungsi maka aktivitas komputer akan terganggu.

Komponen-Komponen Motherboard

Konektor Power: Konektor power merupakan pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer.










Socket atau Slot Prosesor: Komponen ini berfungsi untuk menancapkan atau meletakan processor pada komputer, bentuknya persegi dengan ukuran sesuai dengan processornya.









Northbridge: Komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara processor dengan system memory dan saluran utama motherboard.








Southbridge: Chip dalam arsitektur chipset logika inti pada bagian utara motherboard PC. memiliki fungsi untuk mengatur kerja perangkat semacam IDE Controller, PCI Bus, USB dll.


 






Slot PCI Express x16: Slot khusus untuk kartu grafis VGA.




Slot AGP: Slot VGA tipe lama yang sudah jarang berfungsi. 


Slot PCI: Slot umum, namun dengan kecepatan dibawah slot AGP dan PCI Express.




BIOS (Basic Input-Output System): Berfungsi dan digunakan untuk menyimpan konfigurasi sebuah motherboard.

Port SATA: Komponen yang berfungsi menghubungkan harddisk dengan komputer.

Port IDE: Komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan sebelum generasi SATA.

Port Floppy Disk: Komponen yang berfungsi sebagai port untuk memasukkan flashdisk dan sejenisnya.

Back Panel: Port yang terletak pada bagian belakang PC.

Port PS/2 Mouse: Komponen yang berfungsi untuk menghubungkan mouse dengan komputer.

Port PS/2 Keyboard:Komponen yang berfungsi untuk memasang keyboard.

Port Paralel: Komponen yang berfungsi untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan data 8 bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.

Port Serial: Komponen yang digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.

Port SPDIF: Komponen ini digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.

Port Firewire: Digunakan untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.

Port RJ45: Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.

Port USB: Digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.

Port Audio: Digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.

Jenis-Jenis Motherboard

1. Motherboard AT baby / AT : Motherboard ini merupakan jenis motherbiard klasik, yang sudah tida digunakan lagi saat ini. 



2. Motherboard ATX: Motherboard yang dibuat oleh intel pada tahun 1995 yang memiliki tujuan untuk memperbaiki standar sebelumnya dari motherboard AT yang dibut oleh IBM.


3. Motherboard BTX (Balanced Technology eXtended): Faktor bnetuk untuk motherboard awalnya dimaksudkan sebagai pengganti faktor bentuk motherboard ATX yang menua pada akhir 2004 dan awal 2005.











4. Motherboard ITX: Memiliki ukuran yang lebih kecil dan didukung oleh Via, yang memiliki faktor level kecil, yang sangat pas dan cocok untuk dibuat sebagai motherboard pada mini PC, atau juga tablet dengan ukuran kecil.



Komentar