Produktif: Front Panel, Back Panel, dan Peripheral

Pengertian Font Panel

Font panel adalah sekumpulan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan bagian dari font panel, HDD, Reset, Power LED dll. Letak dari Font Panel yaitu bagian depan. 



Fungsi Font Panel 

Kabel front panel terdiri dari beberapa kabel yang memiliki fungsi sendiri-sendiri, kabel-kabel tersebut diantaranya:

1. Kabel HDD, kabel ini berfungi untuk menyalakan lampu Hard Disk Drive yang sedang berkeja.

2. Kabel Power LED,  kabel power memiliki fungsi untuk menghidupkan lampu power.

3. Kabel Reset, untuk menghubungkan dengan tobol Restart yang ada di Chasing. Jadi, aktifitas restart komputer anda, kabel Reset ini juga memiliki andil.

4. Kabel Power SW, Kabel ini memiliki fungsi yang cukup vital, yaitu menghubungkan tombol Power yang ada pada Chasing.

Urutan Kabel Front Panel  

- Untuk port 1 dan 2 untuk kabel HDD.

- Untuk port 3 dan 4 untuk kabel Reser.

- Khusus untuk port 5 dikosongkan.

- Untuk port 6 dan 7 untuk kabel Power LED + dan – (positif dan negatif). 

- Dan untuk Port 8 dan 9 untuk kabel Power SW.

Pengertian Back Panel

Back Panel adalah sebuah perangkat keras (Hardware) yang menyatu dengan motherboard yang terdiri dari beberapa banyak port untuk keperluan tertentu. Letak dari back panel yaitu, di belakang bagian CPU komputer.


Beberapa Socket (titik penghubung komunikasi) yang ada diback panel :

1.Socket ps/2 mouse dan keyboard

2.Socket port audio 

3.Socket listrik AC pada power supply/PSU

4.Socket serial COM port

5.Socket Parallel port

6.Socket VGA port

7.Socket USB port

8.Socket Ethernet LAN port/RJ45

Fungsi

1.Socket ps/2 Mouse dan Keyboard                

Berfungsi untuk menyambungkan komputer dengan Keyboard dan mouse Konektor berwarna hijau 6 pin ini adalah socket untuk colokan Keyboard Konektor berwarna ungu 6 pin ini adalah socket untuk colokan Mouse.

2.Socket Port Audio

Socket ini berfungsi sebagai perangkat audio pada komputer/PC.Pada mesin standart terdiri dari tiga colokan,masing-masing colokan /soket tersebut berwarna hijau yang berfungsi sebagai audio output (mengeluarkan suara/audio),colokan berwarna merah untuk Input line Mic,colokan berwarna merah untuk audio line in (memasukkan suara/audio dari luar komputer/PC).

3.Socket Listrik AC pada Power Supply

AC socket adalah jalan masuk begi tegangan . AC jala-jala listrik ke dalam modul rangkain power supply.   AC socket berisi 3 pin, yaitu 2 pin untuk tegangan AC dan 1 pin untuk ground. Penyambungan Ground pada power supply komputer sangat penting untuk menetralisir tegangan bocor pada proses induksi SMPS (SWITCHED MODE POWER SUPPLY)

4.Socket Serial COM port

Serial Port merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. 

5. Socket Parallel port

Parallel port merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel.

6. Socket VGA port

Soket VGA adalah port pada komputer, biasanya ditemukan di motherboard atau kartu video pada motherboard, yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat yang menampilkan video.

7. Socket USB port

Port USB adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya kekomputer kita. Komputer (PC) saat ini, umumnya sudah memiliki port USB. Biasanya disediakan minimal 2 port.

8. Socket Ethernet LAN port

RJ-45 Port,Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN) Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer.

Pengertian Peripheral

Perangkat Peripheral adalah sebuah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukan inputan memproses atau mengeluarkan output dari komputer. Perangkat ini biasanya terhubung ke komputer, akan tetapi bukan merupakan perangkat inti dari komputer.

Fungsi Perangkat Peripheral

Fungsi Peripheral bisa diasumsikan sebagai perangkat tambahan untuk memperluas fungsi dari komputer. Misalnya Printer, dengan adanya printer komputer dapat mengeluarkan hasil proses menjadi cetakan text atau gambar.

Jenis-Jenis Perangkat Periferal

Ada banyak perangkat periferal yang berbeda, tetapi dapat dibagi ke dalam tiga kategori umum sebagai berikut:

1. Perangkat Input (Input Device), seperti Keyboard dan Mouse

Perangkat input adalah bagian dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyediakan data dan sinyal kendali ke komputer.

2. Perangkat Input: a. Papan ketik b. Mouse

3. Perangkat Output Seperti Monitor dan printer.

4. Perangkat output adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menggunakan data dan perintah dari komputer Anda untuk melakukan suatu tugas. Perangkat Ouput: a. Pencetak b. Layar LCD

Beberapa contoh perangkat peripheral ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Keyboard   2. Mouse

3. Monitor     4. Printer

5. Scanner     6. Modem

7. LCD Proyektor


Perangkat Peripheral Komputer

Terbagi menjadi 3: 

1. Perangkat Peripheral Input

Jenis peripheral input memiliki fungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.

2. Perangkat Peripheral Output

Perangkat peripheral output berfungsi untuk menggunakan data dari komputer dan mengubah informasi lalu menghasilkan output.

3. Perangkat Peripheral Storage

Storage Device berfungsi untuk media penyimpanan, memetakan dan mengekstrak file folder.


Komentar