Produktif: Troubleshooting, PC, dan Notebook

Pengertian Troubleshooting

Berarti pemecahan masalah (dalam bahasa Indonesia), troubleshooting adalah proses mengidentifikasi (troubleshoot), merencanakan dan menyelesaikan masalah, kesalahan atau kesalahan dalam perangkat lunak atau sistem komputer. Ini memungkinkan perbaikan dan pemulihan komputer atau software (perangkat lunak) ketika menjadi salah, tidak responsif atau bertindak dengan cara yang tidak normal.

Istilah ini biasanya digunakan dalam industri teknik, teknologi, dan proses. Sebagai pendekatan, ini sering diterapkan dalam teknologi informasi atau Information Technology (IT), biasanya untuk mengatasi kerusakan perangkat keras atau perangkat lunak.

Fungsinya adalah untuk tidak hanya memperbaiki masalah, tetapi juga untuk memastikan umur panjang produk, biaya yang lebih rendah, dan mencegah bahaya keselamatan yang terkait dengan penggunaan produk.

Teknik dalam Troubleshooting

Terdapat dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik Forward dan teknik Backward.

Teknik Forward adalah teknik yang hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan (dialiri listrik). dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orang dealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. 

Teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik ini lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar. 

Tujuan Troubleshooting (Pemecahan Masalah)

Tujuan utama troubleshooting atau pemecahan masalah adalah untuk mencoba mengisolasi masalah dengan menghilangkan kemungkinan masalah satu per satu. Dan juga untuk menjaga system atau perangkat lunak dalam kondisi yang diinginkan, khususnya ketika menemui atau menunjukkan masalah.

Cara Kerja Troubleshooting

Terkait cara kerjanya, adapun langkah pertama dalam pemecahan masalah adalah mengumpulkan informasi tentang masalah yang ada, sebagai contoh misalnya seperti perilaku yang tidak diinginkan atau kurangnya fungsionalitas yang diharapkan.

Langkah selanjutnya mungkin untuk mengeliminasi atau menghilangkan komponen yang tidak perlu dalam sistem dan memverifikasi bahwa masalah dapat berlanjut atau tidak, untuk mengesampingkan ketidakcocokan dan penyebab lain (pihak ketiga) yang dapat muncul.

Selanjutnya mungkin akan memeriksa penyebab umumnya. Tergantung pada masalah tertentu dan bagaimana pengalaman pemecah masalah yang mereka miliki, mereka mungkin memiliki beberapa ide. Setelah penyebab umum dikesampingkan, pemecah masalah dapat menggunakan proses yang lebih sistematis dan logis untuk memverifikasi fungsi yang diharapkan dari bagian-bagian suatu sistem.

Salah satu metode yang umum adalah Split-Half Troubleshooting Approach (Pendekatan Pembelahan Pemecahan Masalah) dengan masalah yang dihasilkan dari sejumlah bagian yang mungkin secara seri, satu tes setengah jalan di garis komponen. Proses split-half ini dapat menghemat waktu dalam sistem yang bergantung pada banyak komponen.

Adapun 3 (tiga) jenis Troubleshooting :

1. Diagnosis atau Analisis Kegagalan adalah proses metode di mana suatu produk atau mode kegagalan proses diselidiki. Dengan itu, perangkat atau proses dapat diambil secara terpisah atau diperiksa dengan bantuan alat diagnostik untuk memahami bagaimana bug, error (cacat) dapat berdampak pada operasi, serta security (keamanan) user atau pengguna.

2. Proses Eliminasi adalah metode penyelesaian masalah di mana solusi disaring sampai hanya yang terbaik yang tersisa. Salah satu contoh dari proses ini adalah teknik pencarian split-half, hal ini merujuk pada praktik dengan menghilangkan 50% dari sumber potensial masalah sampai Anda menentukan sumber utamanya.

3. Proses atau Pemulihan adalah proses di mana solusi diterapkan untuk memperbaiki atau mengganti fungsi atau komponen yang bermasalah. Di sini, seorang teknisi atau troubleshooter (pemecah masalah) harus memverifikasi bahwa masalah telah sepenuhnya diselesaikan dan tidak akan lagi menyebabkan masalah di masa mendatang.

Langkah-Langkah dalam Melakukan Troubleshooting (Pemecahan Masalah):

- Mencari apa sebenarnya yang menjadi masalahnya?

- Kemudian mengumpulkan lebih banyak detail, dan menghilangkan variabelnya.

- Reproduksi masalahnya, mengembangkan hipotesis serta penyebab utamanya.

- Mencoba perbaikan berdasarkan dari hasil temuannya.

- Melihat apakah masalah diselesaikan? Dan langsung menyiapkan kemungkinan masalah yang akan terjadi di masa mendatang.

Pengertian Personal Computer (PC)

adalah seperangkat komputer yang digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna). 

Komputer memerlukan suatu sistem dari kesatuan elemen yang tidak bisa terpisahkan yaitu

1. Hardware (perangkat keras) adalah sekumpulan komponen perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan. Hardware ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:

> Input Device, peralatan masukkan (Keyboard,mouse,dll),

> Process Device, peralatan proses (processor, motherboard, ram, dll).

> Output Device, peralatan keluaran (Monitor, Printer, dll).

>Storage Device, peralatan penyimpan (harddisk,flashdisk, dll).

> Peripheral Device, peralatan tambahan (WebCam, modem, dll). 

2. Software (Perangkat Lunak) adalah program yang berisi instruksi/perintah sebagai pelantara yang menghubungkan (menjembatani) antara hardware dan brainware (perangkat manusia) sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan brainware. Software dapat dikategorikan menjadi dua kelompok : 

» Software Operating System (OS), Contohnya adalah Windows, Linux, Dos, Android, dll. Tanpa adanya Operating System ini, maka hardware hanyalah benda mati yang tidak bisa digunakan.

» Software Application System, Contohnya adalah Ms. Office, Open Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Program Database, Program Utilities, dll.

3. Brainware (Perangkat Manusia/pengguna/user) adalah perangkat yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam komputer. Bukan hanya itu, ternyata brainware itu bukan hanya orang yang menggunakan komputer saja, namun orang yang merasakan manfaat dari komputer pun bisa di katakan Brainware. 

Brainware dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari pembuat program (programmer), Technical Support, Designer Graphic, Operator, sampai user paling awam sekalipun.

Pengertian Notebook

adalah sebuah komputer pribadi dalam bentuk portabel yang dapat di bawa kemana-mana. Secara istilah notebook adalah seperangkat komputer jinjing yang secara portable bisa berpindah yang mempunyai batrei untuk menyimpan daya dan menghidupkan perangkat notebook dimana saja dan kapan saja, kalau dilihat dari ukurannya lebih kecil dari laptop karena notebook tidak memiliki CD maupun DVD room. 

Saat ini teknologi dan kinerja notebook sudah sangat maju dan kelas notebook yang tadinya dikelaskan berdasarkan besar layar LCD-nya mulai terbagi lagi berdasarkan kegunaanya. Komputer portabel jenis ini dilengkapi dengan fitur lengkap, perbedaan utama dibandingkan dengan versi desktop adalah desain yang portabel. Notebook menjalankan software yang sama seperti pada desktop, seperti Windows, aplikasi MacOS, atau Linux. Komputer portabel kini hampir secara eksklusif dilengkapi dengan baterai isi ulang yang dapat dibeli, yang berarti beberapa jam dapat beroperasi tanpa jaringan listrik.

Fungsi Notebook

yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna komputer untuk menjalankan atau mengerjakan pekerjaan dimana saja dan kapan saja, juga memberikan kemudahan dalam memindahkan perangkat ini karena ukurannya diperkecil dari ukuran komputer desktop pada umumnya sehingga lebih efisien ketika ada pekerjaan di luar ruangan atau di tempat terbuka.

Kelebihan dan Kekurangan Notebook

<> Kelebihan Notebook

Kelebihan Notebook saat ini dapat dilihat melalui kinerja notebook. Notebook yang ada saat ini ataupun notebook terbaru dapat menjalankan aplikasi office,menonton film dengan resolusi tinggi bahkan memainkan game 3D terbaru.

Selain itu notebook juga memiliki berbagai spesifikasi. Mulai banyak spesifikasi- spesifikasi yang ditawarkan, sehingga kadang- kadang malah membuat bingung bila anda berminat ingin membelinya.

<> Kelemahan Notebook

Dengan Kinerja yang tinggi, untuk pemakaian diluar ruangan notebook sangat haus daya yang mengakibatkan daya tahan baterai kurang maksimal. baterai pada notebook pun membutuhkan energi listrik dengan di charge ketika digunakan apalagi digunakan dengan kinerja yang tinggi.

Bila hanya mengandalkan baterai standar kemungkinan notebook hanya dapat bertahan sekitar 1 atau 2 jam. Dan juga notebook tidak memliki tempat untuk meletakkan CD ROOM seperti pada laptop.

Jenis-jenis Notebook

Ada tipe notebook dengan model setengah PC yang disebut dengan desknote (dekstop notebook). Deksnote tidak menggunakan baterai internal seperti halnya notebook, tetapi menggunakan baterai external sebagai media penyeimbang daya saat tidak tersambung ke arus listrik melalui changer. Deksnote masih menggunakan tipe RAM seperti halnya RAM PC.

Jenis notebook bisa dibedakan berdasarkan penggunaannya, dan masing-masing manufaktur terkenal sudah menyertakan fasilitas-fasilitas yang cukup untuk mendukung pekerjaan user-nya. 

» Multimedia 

Biasanya digunakan oleh kalangan musisi, pencipta, editor video, pengaransemen lagu, grafis desainer, serta desain grafis yang sangat dianjurkan untuk memakai notebook yang mempunyai keunggulan pada kapasitas VGA, RAM dan Processor yang handal.

» Operasi Perkantoran

Biasanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di kantor atau perusahaan yang tidak memerlukan notebook jenis tertentu. Notebook dengan ukuran layar 14″, 15″ dan 17 inche karena lebih dipakai untuk keperluan bisnis. 

» Lifestyle dan Travelling

Umumnya lebih cocok untuk anak muda yang menyukai desain yang stylish dan keren, dengan spesifikasi yang tinggi untuk aplikasi game. Sedangkan orang-orang yang sering berpergian lebih menyukai notebook yang simpel, ringan, layar yang kecil dengan kisaran ukuran 11″ dan 12″ Inche, sehingga mudah untuk dibawa kemana-kemana di masukkan kedalam tas/lemari.

Komentar